Senin, 6 Desember 2021

Konstanta Pada PHP

Pada tutorial sebelumnya kita telah belajar tentang variabel pada php, pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang konstanta pada php.


Pengertian Konstanta

Dalam bahasa pemograman, Konstanta (constant) adalah suatu lokasi penyimpanan (dalam memory) yang berisikan nilai yang sifatnya tetap dan tidak bisa diubah sepanjang program berjalan.

Berbeda dengan variabel yang isi atau nilainya dapat diubah bahkan dihapus selama program berjalan, sebuah konstanta jika telah diberikan nilai, tidak dapat diubah lagi dalam kode program.

Cara Penulisan Konstanta Pada PHP

Pada PHP, konstanta dapat ditulis dengan dua cara, yaitu menggunakan keyword define dan const.

  1. Contoh penulisan konstanta dengan const.
    konstanta pada php
  2. Contoh penulisan konstanta dengan define.
    konstanta pada php

Terdapat beberapa ketentuan dalam penulisan konstanta pada PHP, yaitu:

  • Nama konstanta harus diawali dengan huruf atau underscore(_) dan nama konstanta hanya boleh berisi huruf, angka dan underscore.
  • Nama konstanta bersifat case sensitive untuk penggunaan keyword const, yang berarti membedakan antara huruf besar dan huruf kecil, sedangkan jika menggunakan define, secara default bersifat case sensitive, namun optional dapat di buat case insensitive.
  • Nilai konstanta tidak dapat di rubah.
  • Konstanta hanya dapat di isi nilai scalar, seperti boolean, int, float, atau string dan array tidak dapat di isi selain itu, seperti object (class).


Konstanta Sistem PHP (Predefined Constant)

Sama seperti variabel, PHP juga telah membuat beberapa konstanta bawaan yang telah didefinisikan dan tidak bisa di ubah nilainya. Namun karena banyaknya modul yang dapat ditambahkan kedalam PHP, Predefined Constant dalam PHP akan bertambah tergantung modul yang ada. Namun sebagai contoh, berikut adalah Predefined Constant dalam sistem inti PHP :
PHP_VERSION, PHP_MAJOR_VERSION, PHP_MINOR_VERSION, PHP_RELEASE_VERSION, PHP_VERSION_ID, PHP_EXTRA_VERSION, PHP_ZTS, PHP_DEBUG, PHP_MAXPATHLEN, PHP_OS, PHP_SAPI, PHP_EOL, PHP_INT_MAX, PHP_INT_SIZE, DEFAULT_INCLUDE_PATH, PEAR_INSTALL_DIR, PEAR_EXTENSION_DIR, PHP_EXTENSION_DIR, PHP_PREFIX, PHP_BINDIR, PHP_BINARY, PHP_MANDIR, PHP_LIBDIR, PHP_DATADIR, __LINE__ , __FILE__ , __DIR__ , __FUNCTION__ , __CLASS__ , __TRAIT__ , __METHOD__, __NAMESPACE__.

Daftar list Predefined Constant diatas saya ambil langsung dari manual PHP di http://php.net/manual/en/reserved.constants.php. Kebanyakan dari konstanta tersebut menyimpan nilai yang dapat membantu kita dalam membuat program PHP, khususnya untuk debugging.

Demikianlah tutorial tentang konstanta pada PHP. Silahkan bagikan atau share artikel ini jika dirasa ada yang membutuhkan.

  • Share Post:
related posts
about author

Seseorang yang suka belajar sesuatu yang baru, terutama tentang pemrograman web. Senang berbagi tentang pengetahuan dan belajar dari yang lain.

recent posts
categories
trending posts
SERBA KOMPUTER © 2017 - 2019, ALL RIGHTS RESERVED.